Selamat Berkunjung ke Huma Edukasi 44Hum
Huma Edukasi 44Hum merupakan
wahana explorasi Generasi Alpha (2012-2025) yang menjadi bagian pengayaan
Program Ekstra Kurikuler TK dan SD Islam Duta Ekselensia.
Ada apa di Huma Edukasi 44Hum? kami menawarkan Program seperti : Labs Sains with STEAM, Robotic Scratch for Arduino, Drones for mission & Microbit, AIoT, Introducing farming 4.0 for Child Natural Life Skills and Literations.
Dalam era industri 4.0 dan Society 5.0 seharusnya semua generasi Alfa sudah mulai mengenal dan belajar dengan pendekatan 6 C for
HOTS Creative Thinking, Critical Thinking, Computation
Logic, Collaboration, Communication, Compasssion.
Hasil Riset menjelaskan
Penelitian
terbaru menunjukkan bahwa STEAM adalah pendekatan yang menjanjikan untuk
berdampak positif pada prestasi siswa dan kemanjuran guru.
Studi tahun
2014 menunjukkan bahwa menghubungkan STEAM dan literasi dapat berdampak positif
pada perkembangan kognitif, meningkatkan kemampuan literasi dan matematika, dan
membantu siswa merefleksikan pekerjaan mereka secara bermakna dan rekan-rekan
mereka (Cunnington, Marisol, Andrea Kantrowitz, Susanne Harnett, dan Aline
Hill- Ries.) .
Lalu apa yang membuat penerapan STEAM sebagai
sebuah konsep pendidikan terbilang istimewa? berikut ini penjelasan
selengkapnya:
1. Koneksi Antar
Pelajaran
Menggabungkan beberapa unsur dalam metode
pembelajaran dan mengaitkannya satu sama lain, sehingga membantu siswa memahami
berbagai konsep. Bahkan dapat membuat siswa jadi lebih cerdas.
Misalnya ketika siswa belajar science yang menuntut siswa untuk dapat
mendemonstrasikan materi science, lalu secara
bersamaan, siswa belajar seni yang menuntut siswa untuk menerapkan
keterampilan. Lewat pendekatan STEAM Siswa akan lebih mudah menemukan
keselarasan antara science dan
seni.
2.Terbiasa Pada Solusi
Lewat metode pembelajaran STEAM, siswa didorong
untuk terus bertanya dan kritis. Akan selalu timbul pertanyaan: masalah apa
yang harus diselesaikan, bagaimana solusinya, apa yang harus dilakukan?
Siswa akan terbiasa mencari bagaimana pemecahan
masalah melalui proses pembelajaran. Tentu saja ini sangat baik untuk melatih
mereka agar lebih peka dengan apa yang terjadi di sekitarnya.
3. Memupuk Integritas
Metode STEAM menanamkan siswa untuk memiliki
nilai integritas, seperti jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Integritas
tersebut akan didapatkan siswa dengan mengajak mereka untuk fokus akan
pembelajaran yang diterima, dengan begitu siswa merasa lebih asyik dan senang
untuk belajar.
4. Memiliki Keterampilan
Abad-21
1.
Dibutuhkan 6 C untuk menghadapi perubahan di masa depan. Creative Thinking, Critical Thinking, Computation Logic, Collaboration, Communication, Compasssion. Keenam C disebut
sebagai keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi industri pada abad
ke-21.
2.
Siswa dipersiapkan memiliki ke-6 keterampilan tersebut. Bila siswa berhasil
menyerap 4 C, maka dalam perannya di mana saja, siswa akan lebih aktif dan
berhasil menciptakan solusi menandakan siswa siap terjun menuju ke
masyarakat
Contoh Aktivitas STEAM di Sekolah Dasar SDI Duta Ekselensia Aktivitas STEAM yang bisa dilakukan di sekolah dasar dapat mengantarkan dan mengarahkankemampuam berpikir komputasi dan dan berpikir kreatif diantaranya sbb :
Siswa dapat memghubungkan pemahaman belajar di kelas dengan mempraktekkan melalui platform yang terhubung dengan STEAM, Labs Sains, kelas Alam, dan Robotika & Drone.
Siswa dapat menampilkan data berupa grafik dan tabel mengenai macam-macam film kegemaran siswa dalam satu kelas.
Siswa dapat membuat produk tepat guna dari bahan bekas, misal plastik, logam maupun karet.
Siswa dapat menyusun strategi pengolahan limbah lokal agar tidak mencemari lingkungan.
Siswa dapat mengukur tingkat PH air di sungai, sumur maupun sumber air lainnya di lingkungan sekitar.
Siswa dapat membuat daur air/siklus air dalam lingkungan miniatur.
Siswa dapat mengamati dan mempresentasikan pengaruh penggunaan pupuk kandang pada peningkatan hasil panen kebun sekolah.
Siswa dapat mempresentasikan cara membuat batik celup sebagai dasar teknik menyablon, dll
Siswa dapat membuat berbagai minuman herbal yang menyehatkan.
Siswa dapat menyusun maket kota idaman.
Sumber
:
https://www.acerforeducation.id/blog-kami/edukasi/mengenal-steam/
https://www.esaiedukasi.com/2021/05/pembelajaran-steam.html