Beranda

 Selamat Berkunjung ke Huma Edukasi 44Hum

Huma Edukasi 44Hum merupakan wahana explorasi Generasi Alpha (2012-2025) yang menjadi bagian pengayaan Program Ekstra Kurikuler TK dan SD Islam Duta Ekselensia.

Ada apa di Huma Edukasi 44Hum? kami menawarkan Program seperti : Labs Sains with STEAM, Robotic Scratch for Arduino, Drones  for mission & Microbit, AIoT, Introducing farming 4.0 for Child Natural Life Skills and Literations.


Dalam era industri 4.0 dan Society 5.0  seharusnya semua generasi Alfa  sudah mulai mengenal dan belajar dengan pendekatan  6 C for HOTS Creative Thinking, Critical Thinking, Computation Logic, Collaboration, Communication, Compasssion.

Hasil Riset menjelaskan 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa STEAM adalah pendekatan yang menjanjikan untuk berdampak positif pada prestasi siswa dan kemanjuran guru. 

 

Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa menghubungkan STEAM dan literasi dapat berdampak positif pada perkembangan kognitif, meningkatkan kemampuan literasi dan matematika, dan membantu siswa merefleksikan pekerjaan mereka secara bermakna dan rekan-rekan mereka (Cunnington, Marisol, Andrea Kantrowitz, Susanne Harnett, dan Aline Hill- Ries.) . 

 

Lalu apa yang membuat penerapan STEAM sebagai sebuah konsep pendidikan terbilang istimewa? berikut ini penjelasan selengkapnya: 

 

1. Koneksi Antar Pelajaran 

Menggabungkan beberapa unsur dalam metode pembelajaran dan mengaitkannya satu sama lain, sehingga membantu siswa memahami berbagai konsep. Bahkan dapat membuat siswa jadi lebih cerdas. 

Misalnya ketika siswa belajar science yang menuntut siswa untuk dapat mendemonstrasikan materi science, lalu secara bersamaan, siswa belajar seni yang menuntut siswa untuk menerapkan keterampilan. Lewat pendekatan STEAM Siswa akan lebih mudah menemukan keselarasan antara science dan seni. 

 

2.Terbiasa Pada Solusi  

Lewat metode pembelajaran STEAM, siswa didorong untuk terus bertanya dan kritis. Akan selalu timbul pertanyaan: masalah apa yang harus diselesaikan, bagaimana solusinya, apa yang harus dilakukan? 

Siswa akan terbiasa mencari bagaimana pemecahan masalah melalui proses pembelajaran. Tentu saja ini sangat baik untuk melatih mereka agar lebih peka dengan apa yang terjadi di sekitarnya. 

 

3. Memupuk Integritas  

Metode STEAM menanamkan siswa untuk memiliki nilai integritas, seperti jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Integritas tersebut akan didapatkan siswa dengan mengajak mereka untuk fokus akan pembelajaran yang diterima, dengan begitu siswa merasa lebih asyik dan senang untuk belajar. 

 

4. Memiliki Keterampilan Abad-21 

1.       Dibutuhkan 6 C untuk menghadapi perubahan di masa depan. Creative Thinking, Critical Thinking, Computation Logic, Collaboration, Communication, Compasssion. Keenam C disebut sebagai keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi industri pada abad ke-21. 

2.       Siswa dipersiapkan memiliki ke-6  keterampilan tersebut. Bila siswa berhasil menyerap 4 C, maka dalam perannya di mana saja, siswa akan lebih aktif dan berhasil menciptakan solusi menandakan siswa siap terjun menuju ke masyarakat 

 

Contoh Aktivitas STEAM di Sekolah Dasar SDI Duta Ekselensia Aktivitas STEAM yang bisa dilakukan di sekolah dasar dapat mengantarkan dan mengarahkankemampuam berpikir komputasi dan dan berpikir kreatif diantaranya sbb : 

Siswa dapat memghubungkan pemahaman belajar di kelas dengan mempraktekkan melalui platform yang terhubung dengan STEAM, Labs Sains, kelas Alam, dan Robotika & Drone.

Siswa dapat menampilkan data berupa grafik dan tabel mengenai macam-macam film kegemaran siswa dalam satu kelas. 

Siswa dapat membuat produk tepat guna dari bahan bekas, misal plastik, logam maupun karet. 

Siswa dapat menyusun strategi pengolahan limbah lokal agar tidak mencemari lingkungan. 

Siswa dapat  mengukur tingkat PH air di sungai, sumur maupun sumber air lainnya di lingkungan sekitar. 

Siswa dapat membuat daur air/siklus air dalam lingkungan miniatur. 

Siswa dapat  mengamati dan mempresentasikan pengaruh penggunaan pupuk kandang pada peningkatan hasil panen kebun sekolah. 

Siswa dapat  mempresentasikan cara membuat batik celup sebagai dasar teknik menyablon, dll 

Siswa dapat membuat berbagai minuman herbal yang menyehatkan. 

Siswa dapat  menyusun maket kota idaman.


Sumber :

https://www.acerforeducation.id/blog-kami/edukasi/mengenal-steam/

https://mommiesdaily.com/2021/10/08/lima-alasan-mengapa-metode-steam-penting-untuk-proses-belajar-anak/

https://www.esaiedukasi.com/2021/05/pembelajaran-steam.html

https://bergasku.com/pendekatan-pembelajaran-yang-menggunakan-sains-teknologitekniksenidan-matematika-steam/