Beranda

Selamat Berkunjung ke Huma Edukasi 44Hum
Huma Edukasi 44Hum merupakan wahana explorasi Generasi Alpha (2012-2025) yang menjadi bagian pengayaan Program Ekstra Kurikuler TK dan SD Islam Duta Ekselensia.
Ada apa di Huma Edukasi 44Hum? kami menawarkan Program seperti : Labs Sains with STEAM, Robotic Scratch for Arduino, Drones for mission & Microbit, Introducing farming 4.0 for Child Natural Life Skills, AIoT, and Literations.
Dalam era industri 4.0 dan Society 5.0 seharusnya semua generasi Alfa (2015) sudah mulai mengenal dan belajar dengan pendekatan 6 C for HOTS Creative Thinking, Critical Thinking, Computation Logic, Collaboration, Communication, Compasssion.
Kenalan
Buat Sahabat kecil siswa TK SD bisa berkenalan dengan ka. Roelly di wa 087877113098 dan bisa klik www.dutaekselensia.sch.id
Ada Apa?
Dalam era industri 4.0 dan Society 5.0 seharusnya semua generasi Alfa sudah mulai mengenal dan belajar dengan pendekatan 6 C for HOTS Creative Thinking, Critical Thinking, Computation Logic, Collaboration, Communication, Compasssion.
Hasil Riset menjelaskan
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa STEAM adalah pendekatan yang menjanjikan untuk berdampak positif pada prestasi siswa dan kemanjuran guru.
Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa menghubungkan STEAM dan literasi dapat berdampak positif pada perkembangan kognitif, meningkatkan kemampuan literasi dan matematika, dan membantu siswa merefleksikan pekerjaan mereka secara bermakna dan rekan-rekan mereka (Cunnington, Marisol, Andrea Kantrowitz, Susanne Harnett, dan Aline Hill- Ries.) .
Lalu apa yang membuat penerapan STEAM sebagai sebuah konsep pendidikan terbilang istimewa? berikut ini penjelasan selengkapnya:
1. Koneksi Antar Pelajaran
Menggabungkan beberapa unsur dalam metode pembelajaran dan mengaitkannya satu sama lain, sehingga membantu siswa memahami berbagai konsep. Bahkan dapat membuat siswa jadi lebih cerdas.
Misalnya ketika siswa belajar science yang menuntut siswa untuk dapat mendemonstrasikan materi science, lalu secara bersamaan, siswa belajar seni yang menuntut siswa untuk menerapkan keterampilan. Lewat pendekatan STEAM Siswa akan lebih mudah menemukan keselarasan antara science dan seni.
2.Terbiasa Pada Solusi
Lewat metode pembelajaran STEAM, siswa didorong untuk terus bertanya dan kritis. Akan selalu timbul pertanyaan: masalah apa yang harus diselesaikan, bagaimana solusinya, apa yang harus dilakukan?
Siswa akan terbiasa mencari bagaimana pemecahan masalah melalui proses pembelajaran. Tentu saja ini sangat baik untuk melatih mereka agar lebih peka dengan apa yang terjadi di sekitarnya.
3. Memupuk Integritas
Metode STEAM menanamkan siswa untuk memiliki nilai integritas, seperti jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Integritas tersebut akan didapatkan siswa dengan mengajak mereka untuk fokus akan pembelajaran yang diterima, dengan begitu siswa merasa lebih asyik dan senang untuk belajar.
4. Memiliki Keterampilan Abad-21
1. Dibutuhkan 6 C untuk menghadapi perubahan di masa depan. Creative Thinking, Critical Thinking, Computation Logic, Collaboration, Communication, Compasssion. Keenam C disebut sebagai keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi industri pada abad ke-21.
2. Siswa dipersiapkan memiliki ke-6 keterampilan tersebut. Bila siswa berhasil menyerap 4 C, maka dalam perannya di mana saja, siswa akan lebih aktif dan berhasil menciptakan solusi menandakan siswa siap terjun menuju ke masyarakat
link
www.humaedukasi44hum.id
Chat
wa 087877113098 (ka. Roelly)
email.humaedukasi44hum@gmail.com